Format Gambar, Konsep Warna, Konsep Input, dan Desain Grafis Aplikasi Perangkat Bergerak

Resume Kelompok 8


Format Gambar Desain Grafis

JPEG

JPEG digunakan untuk mencetak, asalkan masih tahap akhir dan tidak perlu pengeditan lebih lanjut. Format ini juga banyak digunakan dan kompatibel dengan sebagian besar perangkat lunak dan dengan ukuran file rendah.


PNG

PNG mendukung lebih banyak warna daripada GIF, mampu meng-kompres tanpa kehilangan kualitas dan dapat menyimpan gambar dengan transparansi.


GIF

GIF digunakan untuk gambar web, yaitu spanduk dan animasi, GIF dapat membuat dengan cepat, bisa dianimasikan dan juga lossless. Ukuran file yang kecil membuat GIF dapat menyimpan gambar dengan transparansi.


Konsep Warna Desain Grafis

Warna Primer Aditif

Konsep Warna Primer Aditif bersumber dari pemahaman bahwa warna yang dipancarkan sebuah benda. Contohnya adalah warna yang dihasilkan TV dan komputer. Terdapat tiga warna primer aditif dalam membangun sistem warna ini, yakni merah, hijau, dan biru. Campuran ketiga warna ini akan menghasilkan warna putih

Warna Primer Substraktif

Konsep Warna Subtraktif (Subtractive Color Systems) adalah konsep yang mengacu pada pemahaman bahwa beragam warna berasal dari refleksi atas cahaya yang mengenai berbagai macam material atau unsur.

Konsep Input Aplikasi Bergerak dalam Desain Grafis

3 Tahapan Utama Proses Input :

Penangkapan Data (Data Capture)

Proses mencatat kejadian data yang terjadi akibat transaksi yang dilakukan ke dalam dokumen dasar.

Penyiapan Data (Data Preparation)

Proses mengubah data yang telah ditangkap ke dalam bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (Machine Readable Form 1) contoh pita magnetik.

Pemasukan Data (Data Entry)

Proses membacakan atau memasukan data ke dalam komputer.


Langkah-langkah Desain Input :
  1. Menentukan kebutuhan input dari sistem baru Input yang akan didesain dapat ditentukan dari DAD sistem baru yang telah dibuat. Input DAD ditunjukan oleh arus data dari suatu kesatuan luar ke suatu proses dan bentuk tampilan input di alat input yang ditunjukan oleh suatu proses pemasukan data.
  2. Menentukan parameter dari input.
  3. Bentuk dari input, dokumen dasar atau bentuk isian di alat input.
  4. Sumber input.
  5. Jumlah tembusan untuk input berupa dokumen dasar dan distribusinya.
  6. Alat input yang digunakan.
  7. Volume input.
  8. Periode input.

Desain Grafis untuk Aplikasi Perangkat Bergerak

Desain Grafis dalam aplikasi perangkat bergerak ada 2 yaitu User Interface Design dan User Experience Design. User Interface Design atau (Desain UI) adalah sebuah desain keseluruhan gaya dan komponen yang ditampilkan di halaman web. Contohnya seperti tata letak dan bentuk desain menu, ikon, warna, gambar, tombol, dan semua komponen lainnya. 

Pada User Experience Design (Desain UX) adalah sebuah proses yang komprehensif untuk mengembangkan pengalaman pengguna sebuah produk web.

Beberapa desain antarmuka yang menjadi tren masa kini, yaitu Ilustrasi Kreatif, Gradien, Grafis 3D, Augmented Reality, Hero Image, Ukuran Headline yang Besar, Liquid Graphics, Desain Surealis dan Desain Abstrak, dan Tipografi Antik.

Komentar